Wednesday, April 18, 2007

My style of cooking

Hobby memasak baru aku sadari setelah kurang lebih 2 tahun aku menikah. Dulunya aku sama sekali tidak pernah memasak. Menurutku memasak tuh seperti serangkaian proses rumit juga njelimet mulai dari hafalin bumbu-bumbunya sampai cara memasaknya… wwhuuuahh… nggak deh.

Apalagi my mother bukan tipe ibu-ibu yang suka mencoba-coba resep baru. Jadi nggak heran kalo pengetahuanku tentang masak-memasak memprihatinkan ha..ha... Apalagi untuk acara membikin cake atau kue kering… wah dua hal ini seingatku kayaknya ibuku tidak pernah memasak 2 macam masakan ini. Bahkan ibuku tidak pernah mempunyai oven sampai sekarang .. he..he… aku bayangin kalau ibuku harus membikin cake pasti rumah bakalan acak-adul... berantakan banget deh karena heboh. It’s a big deal for our family to bake a cake… he..he.. asli deh.

The other hand my husband ini orang padang. Kebayang dong masakan n habit mereka soal kebiasaan makan. Belum lagi kalau menjelang hari raya (idul fitri maupun Idul adha). Stok Kue-kue keringnya ajubile bermacam-macam, and yang bikin ngurut dada nih biasanya disetiap rumah punya kue andalan so harus bikinan sendiri….oohhh lord... Sedangkan kebiasaan kami di klaten kue-kue kering yang disajikan 100 persen adalah kue tunjuk he..he.. alias hasil tunjuk-tunjuk aja di toko kue.

Tapi untungnya suamiku sempat kost di yogya, jadi dia nggak saklek banget sama adat padang-nya. Malahan suamiku nggak terlalu suka kalau aku terlalu sibuk di dapur. Sesekali aja deh.. katanya kalau kangen masakan kampung. Dan satu lagi yang dia males adalah ….. bau masakan yang memenuhi seluruh ruangan di dalam rumah.. aneh kan.. padahal harum loh..

Oh iya ada beberapa rules yang aku pakai u memasak yaitu:
1. Harus cepat dan efisien.. karena aku paling nggak suka jadi budak di dapur.. ataupun
memperbudak orang lain (mis pembantu) di dapur. He..he… padahal dirumahku nggak ada pembantu loh. Jadi yang dimaksud orang lain pasti mas uut n eros he..he..

2. Harus praktis cara dan alatnya.. jangan sampai habis masak justru tersiksa di depan bak cuci piring .

3. Adaptable baik bahan maupun alatnya.. pokoknya jangan menyerah hanya karena kurang satu atau dua macam bahan. Asalkan bukan bahan atau alat utama biasanya bisa disubtitute dengan bahan yang lain. Malahan terkadang jadi lebih unik. Misalnya salah satu menu yang sering banget aku bikin adalah pizza.. tetapi di tanjung pinang ataupun dumai agak susah cari paprika dan mozzarella cheese. So untuk itu bisa diakalin dengan pakai cabe rawit (lebih nendang malahan ), n campuran antara keju yang slice dicampur dengan cheddar cheese. So.. siapa bilang memasak nggak pakai otak… he..he.. iya u ngakalin yang bikin resep ha..ha..

So siapa aja yang suka masak tapi pemalas dan nggak suka repot coba resep-resep disini, pasti gampang ocreee….

5 comments:

Cristian Hossu April 24, 2007 at 11:21 PM  

Aku ingetnya ibu itu punya seabrek alat memasak tapi yang dimasak sambal goreng terus...pokoke yang berkuah santan. Aku ngga pernah inget ibu masak kue / roti kering. Kayaknya pernah nyobain masak kue kering sekali tapi ya udah...abis itu ngga pernah lagi. Betenya kalo mau ngelurin mixer atau barang2 buat bikin kue, pasti ibu marah2...katanya takut rusak hahahahahaha!!! What's the point to buy then?

Henny Agusetiawan April 26, 2007 at 5:37 AM  

he...he... iya tuh aneh ya.. alat-alat masak n alat makan dirumah kita cuma berfungsi u dekoratif doang. Padahal kalau memang bgt kenapa nggak beli patung-patung shaolin yang imut dan lucu-lucu aja ya daripada mixer yang dipajang.... Wulandari

novhie April 30, 2007 at 9:17 PM  

tau ga sich.. ga cuma alat masak.. kaya'nya vacum cleaner juga cuma jadi mainan tikus di gudang aja.. ga boleh dipake bersih2.. hmmm

Henny Agusetiawan May 10, 2007 at 4:01 AM  

Wah iya bener banget tuh... tapi untuk yang satu itu (vacuum cleaner) aku juga mewarisi hal yang sama tapi lebih karena males... dasar.

Irma Anintya March 4, 2009 at 11:57 PM  

ummmm....jadi curhat soal rumah yah??
huehuehuehuehuehue

  © Blogger template 'Mantis' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP