Saturday, July 28, 2007

Apple-Raisin Roll

Roti ini terinspirasi dari Cinnamon Roll. Sebenarnya roti manis jenis seperti ini merupakan karya perdana. Tetapi hasilnya cukup memuaskan kok. Pada dasarnya seperti roti manis- roti manis lainnya, jadi tidak terlalu sulit .... Isinya boleh divariasi dengan apa saja, sesuai selera. Rasa manis dipadu dengan asam sangat segar dan tambahan cherry merah membuat roti ini makin cantik.... jangan dilihat aja, ayo dong catat resepnya dan dicoba.....

Bahan kering:
- 1 kg Tepung terigu cakra
- 50gram Susu bubuk
- 2 sachet Yeast instant
- 300 gram Gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 6 butir Kuning telur
- 200 gram Mentega
- 325 - 350 cc Susu cair/air es
- 1 butir Kuning telur untuk olesan

Bahan isi:
- 1 kg apel granny smith, kupas lalu potong dadu rendam air garam menghindari browning
- 6 sdm gula pasir atau sesuai selera
- 1 sdm mentega
- 4cm kayu manis
- Saute apel dalam mentega dan gula sampai air menyusut dan kering, gunakan api sedang, aduk sesekali
- 10 buah cherry, potong dadu kecil
- 100 gram kismis/raisin, rendam dalam rhum semalam

Cara membuat:
Semua bahan kering (kecuali garam) dicampur jadi satu, aduk rata
** Tips: Yeast jangan bercampur secara langsung dengan garam karena garam akan menon-aktifkan kerja yeast sehingga adonan tidak akan mengembang, sehingga harus dibuffer dengan tepung terigu. Jadi campur semua bahan kering (kecuali garam) jadi satu, aduk rata.

Masukkan kuning telur dan susu bertahap hingga menggumpal, Kemudian masukkan mentega dan uleni lagi sampai kalis. Tambahkan susu cair/air es bila adonan terlalu keras dan begitu pula sebaliknya apabila adonan terlalu lembek tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.


Bentuk adonan menjadi bulat, istirahatkan dalam mangkuk besar dan tutup dengan lap basah. Biarkan selama 1 jam atau sampai adonan mengembang menjadi dua kali ukuran semula.

Kemudian pukul adonan untuk mengeluarkan gasnya. Giling adonan menjadi tipis dengan lebar 15cm, tebal 1cm. Taburi atasnya dengan isian apel yang telah ditumis dengan 2 sdm mentega dan 6sdm gula, kismis dan potongan cherry.

Roll adonan, cubit-cubit bagian tepi agar gulungan nya tidak terlepas. Potong-potong setebal 1.5-2cm. Susun dalam loyang yang telah dilapisi tipis mentega. Tutup dengan lap bersih dan istirahatkan selama 0.5-1 jam, sehingga roti mengembang kembali. Oles atasnya dengan kuning telur


Oven 180 derajat Celcius selama 20-30 menit hingga keemasan lalu keluarkan dari dalam oven. Oles kembali dengan mentega tipis-tipis saat roti masih panas.


Yum.....yummy....! Ayo coba!

0 comments:

  © Blogger template 'Mantis' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP