Sunday, September 2, 2007

Roti atau pizza yah?????

Ini salah satu project dalam rangka ultah papanya Eros ke 34th . Tadinya aku mau bikinin pesta pizza untuk teman-teman kantor mas, tapi karena mikir bagaimana cara bawa pizza ke kantor tanpa ribet2 jadinya aku bikin aja dalam bentuk roti isi tuna pedas.
Tapi ternyata tetap aja beda yach rasanya dengan pizza… walaupun adonan roti, dan isinya sama dengan topping pizza yang biasanya aku pakai.

Tapi bukan berarti nggak enak loh!!!! Apalagi dengan penampakan yang cantik ini…. Dan lagi.. nggak ribet bawa ke kantor, tinggal dinginkan, masukin ke kardus nnn 50 potong roti isi tuna pedas (2.5 resep) siap disantap… HAP…

Roti isi tuna pedas

Bahan
  • 500 gr terigu protein tinggi
  • 100 gr terigu protein sedan
  • 11gr ragi instant (1 bungkus fermipan)
  • 125 gr gula pasir
  • 15 gr susu bubuk3 kuning telur
  • 25 ml susu evaporated
  • 1/2 sdt garam
  • 75 gr margarine
Cara membuat:
  1. Aduk semua bahan kering kecuali garam hingga tercampur rata, setelah rata baru tambahkan garam, campur rata… (ini karena garam akan mematikan kerja ragi/yeast oleh karena itu harus dibuffer oleh tepung dulu)
  2. Masukkan telur, susu evaporated, aduk hingga menjadi gumpalan adonan
  3. Masukkan margarine, uleni hingga kalis, diamkan 30-60 menit or jadi dua kali ukuran semula. Waktu yang dibutuhkan untuk ngembangin roti saya ini emang lebih lama dari resep roti yang lain karena memang komposisi bahannya roti ini lebih berlemak (saya ganti air es dg susu, putih telur dengan kuning telur).










4. Kempiskan adonan, timbang 10 gr (untuk roti unyil)…. (Kalau menurutku kok kekecilan ya pakai ukuran ini, wah bakalan berapa lama nih ngebentuk2 nya n bakalan jadi ratusan deh.. wah nggak sanggup deh ..he2 saya kan nggak ada si mbak asisten so saya bikin 30grm-an), lalu isi dan bentuk.











5. Diamkan 1 jam sampai roti yang sdh dibentuk mengembang untuk ke dua kali lihat foto dibawah bandingkan dg yang atas.

6. oleskan permukaan atasnya dgn campuran kuning telur dan susu, taburi dengan wijen secukupnya

7. oven hingga matang, lalu dinginkan

Selamat mencobaaa...murah, sedap, sehat and meriah :)

4 comments:

novhie September 2, 2007 at 11:40 PM  

hii, cantik2 kali.. jadi pengen dech. sayang belum punya alat buat mixingnya. Btw, aku lagi coba bikin pastry mba hen, sudah lumayan.. tapi kmr belum di fotoin. habis msh coba2.. tyt jadi juga.. hehe.. aku print resepnya yach.. salam buat semua.. muach

Cristian Hossu September 3, 2007 at 6:51 AM  

Selamat ultah buat mas Uut yaaa...:) Gile boooo 50 biji???

Henny Agusetiawan October 3, 2007 at 5:43 AM  

u cici sisca/novhie...
mau..mau resepnya... eh btw bisa kok tanpa mixer roti... diuleni aja spt bikin pizza, tapi sampai kalis bener yaa.. ayoo coba... pasti bisa
mmmuuuach

Henny Agusetiawan October 3, 2007 at 5:45 AM  

u dear ulik...
aduuuh iya ulll.. wah kalo disini pasti dirimu aku paksa2 buat bantuin deh.. wah habis selesai acara kayaknya mesti ngaso dulu deh oven n kokinya..

  © Blogger template 'Mantis' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP